Nama : Hafifah
Nim :
2227141689
Kelas : III C
(Tiga)
Mata Kuliah : Psikologi Perkembangan Peserta Didik
(P3D)
Dosen : Dr.H.M Hosnan Dip.Ed,M.pd
Soal UTS
1. Uraikan
pentingnya pertumbuhan dan perkembangan peserta didik
2. Jelaskan
dan uraikan masalah-masalah perkembangan psikologi anak usia sekolah dasar
3. Uraikan
menurut pendapat saudara cara-cara mengoptimalkan kecerdasan peserta didik
4. Apa
perbedaan pertumbuhan dan perkembangan serta perbedaan individu peserta didik
usia sekolah dasar
5. Jelaskan
tujuan fungsi dan manfaat psikologi perkembangan peserta didik
Jawaban
1. Perkembangan
dan pertumbuhan sangat penting bagi peserta didik karena semenjak manusia dalam
kandungan hingga meninggal terjadi perubahan fisik dan emosioanal. Maka dari
itu pertumbuhan dan perkembangan sangat penting bagi peserta didik dimana
ketika mereka sedang mengalami prosese tersebut kita sebagai pendidik harus
membantu mengarahkan bagaimana cara menyikapi pentingnya pertumbuhan dan
perkembangan peserta didik.untuk lebih memperjelas apa itu pertumbuhan dan
perkembangan akan dijelaskan secara terperinci.
Pertumbuhan
adalah perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan
fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal pada anak yang sehat pada
waktu yang normal. Pertumbuhan dapat juga diartikan sebagai proses transmisi
dari konstitusi fisik (keadaan tubuh atau keadaan jasmaniah) yang herediter
dalam bentuk proses aktif secara berkesinambungan. Jadi, pertumbuhan berkaitan
dengan perubahan kuantitatif yang menyangkut peningkatan ukuran dan struktur
biologis. ( Hosnan, 2015: 16).
Perkembangan
adalah serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari proses
kematangan dan pengalaman (E.B Hurlock), bekerja dalam suatu proses perubahan
yang berkenaan dengan aspek-aspek fisik dan psikhis atau perubahan tingkah laku
dan kemampuan sepanjang prosese perkembangan individu mulai dari massa konsepsi
sampai mati. Dari penjelasan di atas
dapat ditarik kesimpulan bahwa pertumbuhan merupakan proses fungsi-fungsi fisik
yang berlangsung secara normal. Sedangkan perkembangan yaitu serangkaian
perubahan progresif akibat prosese kematangan dan pengalaman.
Berikut ini adalah beberapa hal yang mendasari
pentingnya mengetahui pertumbuhan dan perkembangan peserta didik.
a.
Masa
Perkembangan yang Cepat
Pada
anak terjadi pertumbuhan-pertumbuhan yang cepat seperti perubahan fisik,
interaksi sosial, penggunaan bahasa, kemampuan mengingat serta berbagai fungsi
lainnya.
b.
Pengaruh
yang Lama
Peristiwa-peristiwa
dan pengalaman pada tahun awal menunjukan pengaruh yang dan kuat terhadap
perkembangan individu pada masa-masa berikutnya. Kebanyakan ahli psikologi
berpendapat bahwa apa yang terjadi saat ini sangat berpengaruh terhadap
perkembangan anak.
c.
Proses
yang kompleks
Sebagai
peneliti yang mencoba memahami prilaku orang dewasa yang kompleks, berpendapat
bahwa mengkaji tentang bagaimana perilaku itu pada saat masih sederhana akan
sangat berguna. Manusia dapat berkomunikasi dari cara yang sederhana sampai
yang kompleks karena bahasa yang digunakan mengikuti aturan-aturan tertentu.
d.
Nilai
yang diterapkan
Penelitian
tentang tahap awal perkembangan sosial secara relevan berkaitan dengan orangtua
tentang perannya dalam kehidupan sehari-hari, percobaan tentang strategi
pemecahan masalah pada anak akan memberikan informasi berharga tentang metode
belajar yang baik.
e.
Masalah
yang menarik
Banyak
hal-hal yang berkaitan dengan perkembangan anak yang merupakan misteri yang
menarik. Dalam hal ini ilmu pengetahuan lebih banyak menjumpai
pertanyaan-pertanyaan dari pada jawabannya.
2.
Masalah-masalah
psikologi yang terjadi pada peserta didik adalah sebagai berikut:
·
Pertumbuhan
Fisik yang Terganggu
Pertumbuhan
fisik manusia setelah lahir merupakan kelanjutan pertumbuhan sebelum lahir.
Proses pertumbuhan fisik manusia berlangsung sampai masa dewasa. Pertumbuhan
fisik yang tidak normal akan membuat psikologi anak terganngu karena mereka
akan merasa terasingkan dengan fisik yang berbeda dengan fisik teman-teman
dilingkungan sekitarnya.
·
Keterbatasan
Kecerdasan (intelek)
Intelek
merupakan kata lain berpikir, berkembang, sejalan dengan pertumbuhan syarat
otak. Karena pikir pada dasarnya menunjukan fungsi otak maka kemampuan
intelektual yang lazimnya disebut dengan istilah lain kemampuan berpikir, di
pengaruhi oleh kematangan otak yang mampu menunjukan fungsinya secara baik.
Allah menganugrahkan kita otak untuk berfikir dan merasakan, ketika ada peserta
didik yang mengalami gangguan dalam kemampuan berfikirnya akan mengakibatkan
siswa cenderung menarik diri dari lingkungan karena merasa dia tidak seperti
anak-anak pada umumnya.
·
Sulit
Berkonsentrasi
Anak
dengan konsentrasi yang buruk bisa membuanya kesulitan apabila harus belajar
dalam waktu lama dan mengerti mengenai beberapa materi pembelajaran. Mereka
akan cenderung mudah terpengaruh terhadap hal-hal yang ada disekitarnya
sehingga tidak dapat berkonsentrasi secara maksimal
·
Pemurung
dan Penyendiri
Mereka
sangat sulit bergaul dan cenderung merasa malu dengan keadaan mereka sendiri.
Anak-anak seperti ni juga jangan dibiarkan berlarut kerena jiwa sosial mereka
tidak bisa berekmbang jika dibiarkan.
·
Hiperaktif
Hiperaktif ini
merupakan sebuah gangguan psikologi anak yang cukup sering terjadi seorang anak
yang berprilaku cenderung aktif bahkan super aktif di rumah atau
dilingkungannya dapat membahayakan teman-temannya akibat prilaku yang terjadi
secara sepontan dan tanpa fikir panjang. Oleh karena itu, seoranga anak dengan
masalah hiperaktif memerlukan penanganan yang begitu cepat.
·
Bakat
khusus
Bakat
merupakan kemampuan tertentu atau khusus yang dimiliki oleh seorang individu
yang hanya dengan rangsangan atau sedikit latihan, kemampuan itu dapat
berkembang dengan baik. Bakat terdiri atas tiga dimensi perseptual, psikomotor,
dan intelektual. Setiap manusia dianugerahi bakat khusus ,misalkan dalam bidang
seni, olahraga, atau keterampilan. Dari bakat khusus ini anak akan lebih
percaya diri untuk mengahadapi dunia.
3.
Cara
menoptimalkan kecerdasan siswa menurut saya
1. Meningkatkan rasa
cinta
Perkembangan otak anak bisa
dimulai dari rasa cinta yang tinggi dari orang tua mereka. secara langsung,
cinta yang tulus dan mesra kepada anak mampu menciptakan peningkatan pada
perkembangan sirkuit otak. Rasa cinta yang mendalam, juga memberikan potensi
otak kanan yang sangat baik, karena anak mampu bergaul secara percaya diri dan
berpikir kritis tanpa ada rasa takut.
2. Memberikan makanan bergizi
Mengkonsumsi makanan bergizi
memang merupakan sebuah cara bagaimana menciptakan peningkatan kecerdasan anak.
seorang anak yang mengkonsumsi makanan bergizi ketika sarapan, bisa mendapatkan
konsentrasi yang lebih baik saat belajar, daya ingat yang kuat, serta mampu
bertahan dalam aktivitas pikiran yang padat selama sekolah.
3. Kenalkan sebuah
lingkungan yang berbeda
Memperkenalkan anak sebuah
lingkungan yang berbeda akan membuatnya mampu belajar hal baru. Otak mereka
akan lebih terasah serta cepat dalam berpikir terutama dalam menyelesaikan
masalah. Anak yang terus-terusan berada di rumah, akan merasa begitu canggung
dan tidak mampu mengekspresikan pikiran mereka secara berani.
4. Mengajarkan
permainan musik
Seorang anak yang mempunyai
minat cukup tinggi terhadap permainan musik, tentu bisa tumbuh lebih cerdas
karena musik memang diyakini sebagai pembuat cerdas seorang anak. Anak yang
didengarkan musik klasik akan mengalami perkembangan neuron yang lebih cepat
sehingga mampu menciptakan kecerdasan terbaik.
5. Bacakan buku-buku
Seorang anak yang dibacakan
buku cerita akan mampu meningkatkan kecerdasan otaknya. Kemudian, ia juga akan
menghafal jalan ceritanya dan pada akhirnya mampu bercerita dengan baik
4.
Perbedaan
pertumbuhan dan perkembangan
·
Pertumbuhan
memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
a. Dalam
pertumbuhan akan terjadi perubahan ukuran dalam hal bertambahnya ukuran fisik,
seperti berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, lingkar lengan, lingkar dada
dan lain-lain.
b. Dalam
pertumbuhan dapat terjadi perubahan proporsi yang dapat terlihat pada proporsi
fisik atau organ manusia yang muncul mulai dari masa konsepsi hingga dewasa.
c. Pada
pertumbuhan dan perkembangan terjadi hilangnya ciri-ciri lama yang ada selama
masa pertumbuhan, seperti hilangnya kelenjar timis, lepasnya gigi susu, atau
hilangnya refleks-refleks tertentu.
d. Dalam
pertumbuhan terdapat ciri baru yang secara perlahan mengikuti proses
kematangan, seperti adanya rambut pada daerah aksila, pubis, atau dada.
·
Perkembangan
memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
a. Perkembangan
selalu melibatkan proses pertumbuhan yang diikuti dari perubahan fungsi,
seperti perkembangan sistem reproduksi akan diikuti oleh perubahan pada fungsi
alat kelamin,
b. Perkembangan
memiliki pola yang konstan dengan hukum tetap, yaitu perkembangan dapat terjadi
dari daerah kepala menuju kearah kaudal atau dari bagian proksimal kebagian
distal
c. Perkembangan
memiliki tahapan yang berurutan mulai dari kemampuan melakukan hal yang
sederhana menuju kemampuan melakukan hal yang sempurna.
d. Perkembangan
setiap individu memiliki kecepatan pencapaian perkembangan yang berbeda.
e. Perkembangan
dapat menentukan pertumbuhan tahap selanjutnya, dimana tahapan perkembangan
harus melewati tahap demi tahap (Narendra, 2002).
5.
Tujuan
Psikologi Perkembangan Peserta Didik.
Psikologi
perkembangan peserta didik bertujuan :
1. Memberikan,
mengukur, dan menerangkan perubahan dalam tingkah laku serta kemampuan yang
sedang berkembang sesuai dengan tingkat usia dan yang mempunyai ciri-ciri
universal, dalam artian yang berlaku bagi anak-anak dimana saja dalam
lingkungan sosial-budaya mana saja.
2. Mempelajari
karakteristik umum perkembangan pesrta didik, baik secara fisik, kognitif,
maupun psikososial.
3. Mepelajari
perbedaan-perbedaan yang bersifat pribadi pada tahapan atau masa perkembangan
tertentu.
4. Mempelajari
tingkah laku anak pada lingkungan tertentu yang menimbulkan reaksi yang
berbeda.
5. Mempelajari
penyimpangan tingkah laku yang dialami seseorang, seperti kenakalan-kenakalan,
kelainan-kelainan dalam fungsionalitas inteleknya, dan lain-lain.
Manfaat
Psikologi Perkembangan Peserta Didik
psikologi
perkembangan peserta didik adalah sebuah displin ilmu yang secara khusus
mempelajari tentang perkembangan tingkah peserta didik dalam interaksinya
dengan lingkungan nya. Oleh sebab itu banyak manfaat yang akan diperoleh guru
atau calon guru diantaranya :
1. Seorang
guru akan dapat memberikan harapan yang realitas terhadap anak dan remaja. Ini
adalah penting, karena jika terlalu banyak yang diharapkan pada usia tertentu,
anak mungkin akan mengembangkan perasaan tidak mampu jika ia tidak mencapai
standar yang ditetapkan orangtua atau guru. Sebaliknya, jika terlalu sedikit
yang diharapkan dari mereka, mereka akan kehilangan rangsangan untuk
mengembangkan kemampuannya.
2. Dapat
membantu kita dalam memberikan respons yang tepat terhadap perilaku tertentu
seorang anak. Psikologi perkembangan dapat membantu menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan arti dan sumber pola berpikir,
perasaan, dan tingkah laku anak.
3. Dapat
membantu guru mengenali kapan perkembangan normal yang sesungguhnya dimulai.
Guru bisa menyusun pedoman dalam bentuk skala tinggi-berat, skala usia-berat,
skala usia-mental, dan skala perkembangan sosial atau emosional.
4. Memungkinkan
para guru untuk sebelumnya mempersiapkan anak menghadapi perubahan yang akan
terjadi pada tubuh, perhatian dan perilakunya.
5. Memungkinkan
para guru memberikan bimbingan belajar yang tepat kepada anak.
6. Memberikan
informasi tentang siapa kita, bagaiamana kita dapat seperti ini, dan kemana
masa depan akan membawa kita.
Dengan demikian jelas betapa besar kegunaan
mempelajari psikologi perkembangan peserta didik bagi guru. Dengan psikologi
perkembangan peserta didik memungkinkan guru memberikan bantuan &
pendidikan yang tepat sesuai dengan pola-pola dan tingkat-tingkat perkembangan
anak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar