Minggu, 03 Januari 2016

contoh kurikilum seni tari



KURIKULUM
KONSEP DAN STRATEGI PEDIDIKAN SENI TARI
SEKOLAH DASAR NEGERI SINDANGRAKSA

DI SUSUN OLEH
HAFIFAH II C ( PGSD )
( 2227141689 )

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
Jalan Raya Jakarta KM 04 Pakupatan Kota Serang-Banten
Telp : 0254-280330 Fax : 0254-281254


KONSEP DAN PENDIDIKAN SENI TARI
DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS 3 – 5 SEKOLAH DASAR
DI SEKOLAH DASAR NEGERI SINDANGRAKSA
                                  KEC. WALANTAKA KOTA SERANG - BANTEN

Pendahuluan                                                                                           
  Perkembangan dan perubahan peserta didik tidak terlepas dari pengaruh globalisasi, perkembngan dan perubahan menuntut perbaikan sistem pendidikan termasuk untuk penyempurnaan kurikulum guna mewujudkan siswa yang  mampu berkembang dan menyesuaikan diri dengan pengaruh globalisasi tersebut. Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran dan aspek-aspek kebudayaan lainnya seperti seni tari. Dalam hal ini peranan pendidik sangat penting untuk mendidik peserta didik agar menyediakan kondisi belajar guna peserta didik untuk mecapai kemampuan-kemampuan tertentu yang harus di pelajari oleh peserta didik.
 Visi dan misi pendidikan nasional telah dirumuskan dan dituangkan dalam “penjelasan” UU, 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Visi dan Misi pendidikan nasional ini merupakan bagian yang penting dalam strategi pembaharuan strategi pendidikan.
    Karena siswa dituntut untuk mempelajari dan memahami tentang seni tari maka harus dijalaskan seni tari, seni tari adalah gerak ekspresi manusia yang indah. Gerakan dapat dinikmati melalui rasa kedalam penghayatan ritme tertentu. ( Sussane K Langer ). Tari adalah gerakan badan dan eksperesi manusia untuk menununjukan keadaan hati nya dimana ketika saat senang dan susah. Dan gerakan sebuah tari bisa dilihat dan ditonton untuk dinikmati melalui perasaan dan waktu tertentu. Dari sini siswa akan mempelajari dan menjadikan siswa tidak hanya bisa menari saja tetapi lebih memahami tentang makna sebauah tarian yang memjadikan siswa agar menjadi seorang yang pintar, mandiri, kreatif, menjadi siswa yang demokratis, bertanggung jawab, mempunyai rasa social yang tinggi dan bisa bermanfaat untuk dirinya, keluarga dan lingkunngan masyarakat bahkan bermanfaat untuk Negara.


a.       Tujuan
   Tujuan pendidikan seni tari adalah untuk mengembangkan nilai-nilai yang terkandung dalam seni tari karena di dalam seni tari tidak hanya mewajibkan peserta didik untuk bisa menarikan sebuah tarian tetapi juga siswa diajarkan untuk berfikir kreatif dan mandiri. Dulu banyak orang tua yang berpendapat bahwa mempelajari seni sains, bahasa asing, dan matematika itu lebih baik bagi anak padahal Seni tari sangat bagus untuk membantu perkembangan otak anak. Di dalam seni khusus nya seni tari mengajarkan siswa berbagai hal contohnya untuk alat berkomunikasi tarian bisa juga diguakan untuk media komunikasi, metode dalam memberdayakan kemampuan siswa, perkembngan emosioanal sehingga anak bisa memahami apa yang bisa membuatnya merasa senang, sedih, takut, dan membantu siswa belajar tentang pengendalian diri dan empati. Visi dan Misi pembelajaran tari kepada siswa-siswi di harapkan sebagai berikut :
Secara Umum:
1.      Penanaman dan pemupukan jiwa kebudayaan nasional dalam arti luas
2.      Penanaman dan pengembangan rasa estetis kepada murid
3.       Memberi bimbingan kemampuan anak mengungkapkan rasa estetisnya
4.      Tercapainya ketajaman cipta, halusnya rasa, kuatnya kemauan serta kemerdekaan jiwa.
Secara Khusus:
1.       Memberi tempat penyaluran ekspresi gerak
2.       Membina apresiasi seni
3.       Memberi kecakapan dasar-dasar gerak tari
  Dari uraian tujuan diatas dapat ditarik kesimpulan pembelajaran dalam seni khusus nya seni tari itu tidak hanya mengharuskan siswa-siswi nya bisa menarikan tarian tapi juga mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah tarian tersebut misalnya nilai edukasi yang terkandung dalam sebuah tarian. Seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaan indah, sehingga menggerakan jiwa perasaan manusia ( Ki Hajar Dewantar ).Maka siswa-siswi jangan terlalu di paksa untuk bisa menarikan subuah tarian karena akan mengganggu kondisi fisik dan psikisnya.

b.      Sasaran didik
    Sekolah dasar negeri sindangraksa ini terletak di kecamatan walantaka kelurahan teritih tepatnya di kampung kubang semar. Dengan pembelajaran seni budaya dan keterampilan khususnya seni tari ingin menjadikan siswa siswi kelas 3 - 5 ( 9 – 11 tahun ). Di setiap kelas di sekolah dasar negeri sindangraksa dengan jumlah yang tidak sama misalnya di kelas 3 ( 35 siswa ) dengan jumlah siswa perempuan 15 dan laki-laki 10, kelas 4 ( 33 siswa ) dengan jumlah siswa perempuan 10 dan jumlah siswa laki-laki 13, dan kelas 5 ( 38 siswa ) dengan jumlah sama rata.
Kebanyakan siswa siswi sd sindangraksa berasal dari tempat yang sama yaitu anak-anak yang tinggal di lingkungan sekitar sekolah jadi tidak begitu banyak latar belakang dan sosial nya. Tapi meskipun mereka berasal dari daerah yang sama tapi cara mendidik orangtua mereka yang berbeda membuat siswa dan siswi berbeda dalam memahaminya ada yang sudah tau dan ada yang masih awam yang tidak begitu paham tentang seni tari.

c.       Bahan dan Materi
    Materi pembelajaran seni budaya dan keterampilan khusus nya seni tari, secara metode dalam pembelajaran seni harus hidup maksudnya agar suasana yang tercipta dalam pembelajaran pendidik harus menciptakan suasana yang menyenagkan agar siswa tidak  merasa bosan saat pembelajaran berlangsung. Proses kegitan pembelajaran tari harus dengan materi yang memiliki nilai-nilai mendidik misalnya siswa diajarkan untuk bekerja sama, siswa tidak harus selalu berlomba untuk mendapatkan nilai yang terbaik di kelas, untuk menjaga ego masing-masing agar siswa tidak selalu terbawa emosi. Pembelajaran seni tari dapat di jadikan solusi pembelajaran karena seni mampu membantu perkembangan otak.
 Bahan dan Materi yang digunakan dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan ( seni tari ) meliputi teori dan praktik adalah :
a.       Penjelasan terhadap pengenalan seni tari nusantara
b.      Penjelasan tentang teknik menari
c.       Membuat kreasi gerakan tari dengan gerakan sederhana
d.      Apresiasi terhadap tarian nusantara
e.       Kreasi dalam membuat pola tarian dan kostum tari

d.       Konsep, Strategi dan Metode
Penggunaan konsep kali ini dengan cara metode pre-eksprimental melalui pendekatan kuantitatif lebih sistematis, terencana ,terstruktur jelas dari awal hingga akhir penelitian maksudnya dengan konsep yang tersusun dengan jelas apa yang di pelajari, strategi yang digunakan adalah dengan pembelajaran pengalaman yang saat siswa melihat pementasan seni tari, mencari dan pendekatan tematik ( mencari dan menemukan ). Dan metode nya adalah ceramah, diskusi ,Tanya jawab, keaktifan dan kreatifitas.
e.      . Evaluasi
evaluasi yang dilakukan diantaranya dengan melakukan tes berupa Tanya jawab ( diskusi ),   menjawab soal-soal  ( tes tulisan ) dan  memperagakan kembali  gerakan tarian. Praktek ini dinilai kelincahan gerakan, kelenturan  gerakan ,  Ujian Tengah Semester (UTS)  kekompakan  gerakan  kelompok, dan Ujian Akhir  Semester ( UAS ) pertunjukan tarian. Dan penilaian non tes dinilai berdasarkan kehdiran ( minimal 85% ), keaktifan dan perlakuan baik di dalam kelas.














   II,  Silabus Mata pelajaran seni budaya dan keterampilan (seni tari)
     Mata Pelajaran       : Seni Budaya Dan Keterampilan ( Seni Tari )
Sekolah                 : Sekolah Dasar Negeri Sindangaksa
Kelas / Semester   : 3 – 5 / 2
Guru                      : hafifah S.pd
Alamat Kontak     : hafifahhalili88@gmail.com ( 087774884816 )

Tujuan Mata pelajaran :

Mata pelajaran seni budaya dan keterampilan bertujuan agar siswa memiliki kemampuan sebagai berikut :

1.      Memperkenalkan kebudayaan yang ada  di usantara khususnya kebudayaan seni tari
2.      Memehami unsur-unsur yang terdapat dalam tarian (ruang,waktu,tenaga)
3.      Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan khusnya dalam seni tari
4.      Mendemonstrasikan kreatifitas seni tari
5.      Menampilkan peran peran serta dalam seni tari dalam tingkat daerah, nasional, dan internasioanl.

Deskripsi:
   Pendidikan sei budaya dan keterampilan memiliki sifat multilingual, multidimensional, dan multicultural. Perkembangan dan perubahan peserta didik tidak terlepas dari pengaruh globalisasi, perkembngan dan perubahan menuntut perbaikan sistem pendidikan termasuk untuk penyempurnaan kurikulum guna mewujudkan siswa yang  mampu berkembang dan menyesuaikan diri dengan pengaruh globalisasi tersebut. Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran dan aspek-aspek kebudayaan lainnya seperti seni tari. Dalam hal ini peranan pendidik sangat penting untuk mendidik peserta didik agar menyediakan kondisi belajar guna peserta didik untuk mecapai kemampuan-kemampuan tertentu yang harus di pelajari oleh peserta didik.
 Visi dan misi pendidikan nasional telah dirumuskan dan dituangkan dalam “penjelasan” UU, 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Visi dan Misi pendidikan nasional ini merupakan bagian yang penting dalam strategi pembaharuan strategi pendidikan.
    Karena siswa dituntut untuk mempelajari dan memahami tentang seni tari maka harus dijalaskan seni tari, seni tari adalah gerak ekspresi manusia yang indah. Gerakan dapat dinikmati melalui rasa kedalam penghayatan ritme tertentu. ( Sussane K Langer ). Tari adalah gerakan badan dan eksperesi manusia untuk menununjukan keadaan hati nya dimana ketika saat senang dan susah. Dan gerakan sebuah tari bisa dilihat dan ditonton untuk dinikmati melalui perasaan dan waktu tertentu. Dari sini siswa akan mempelajari dan menjadikan siswa tidak hanya bisa menari saja tetapi lebih memahami tentang makna sebauah tarian yang memjadikan siswa agar menjadi seorang yang pintar, mandiri, kreatif, menjadi siswa yang demokratis, bertanggung jawab, mempunyai rasa social yang tinggi dan bisa bermanfaat untuk dirinya, keluarga dan lingkunngan masyarakat bahkan bermanfaat untuk Negara.
Topik-topik bahasan dalam setiap pertemuan:

Pertemuan dan Tanggal
Topik yang dibahas
Strategi dan Metode/Kegiatan Belajar Mengajar
Sumber (Buku, Artikel, Handout)
Tugas dan Evaluasi
1
Perkenalan dan menceritakan pengalaman, pengetahuan siswa akan seni budaya dan keterampilan khususnya seni tari nusantara
kontekstual learning

Ceramah, tanya jawab.

-    cerita siswa


2
Menganalisis seni tari yang ada di nusatara
        tanya jawab, ceramah,demonstrasi media (apresiasi), tugas individu

-    Guru
-    Media elektronik



3
kesenian yang ada di daerah setempat khususnya seni tari ( rampak bedug), unsur-unsur yang terdapat dalam tari.

apresiasi


    Tanya jawab, demonstrasi media (apresiasi), praktik langsung.

-      Guru
-      media elektronik
-          audio visual

4
Apresiasi karya seni tari daerah banten ( rampak bedug )

Praktik
 kooperatif learning

apresiasi, demonstrasi, praktik langsung.

-   audio visual (vidio)
-   guru
-    ceramah

5
Apresiasi seni tari daerah banten ( rampak bedug)

Praktik
 kooperatif learning

apresiasi, demonstasi, praktik langsung
-          audio visual
-          guru
-          media


6

Apresiasi seni tari daerah banten ( rampak bedug )

Praktik
kooperatif learning

apresiasi, demonstasi, praktik langsung

-   Guru
-   Media elektronik

-   Audio visual

-   Alat -alat

7
Mengkaji ulang penjelasan yang telah disampaikan mengenai tarian nusantara dan daerah banten  pemberian tugas kelompok
Inquiri, kooperatif learning, expositori


Tanya jawab, tugas kelompok
- buku refrensi
- media elektronik

8
UTS
Kooperatif learning

Tes praktik secara berkelompok
Tugas siswa

9
Unsur-unsur tari yang terdapat dalam tari daerah aceh  ( tari saman )

Apresiasi

Tugas
Exspositori, inquiri

Tanya jawab,diskusi,apresiasi, penugasan secara kelompok
-     Guru
-     Audio visual
-     Buku
-     Media elektronik


10
Apresiasi tari daerah aceh (tari saman)

Praktik
Kooperatif learning

Tanya jawab, apresiasi, demonstrasi, praktik langsung
-          Guru
-          Media elektronik

11
Apresiasi tari daerah aceh (tari saman)

Praktik
Kooperatif learning

Tanya jawab, apresiasi, demonstrasi, praktik langsung
-      Guru
-      Audio visual
-      Media elektronik

12
Apresiasi tari daerah aceh ( tari saman)

Praktik
Kooperatif learning

Tanya jawab, apresiasi, demonstrasi, praktik langsung
-          Guru
-          Audio visual
-          Media elektronik

13
-          Mengkaji ulang tarian dari daerah aceh


-          Menjelaskan apa saja yang dipersiapkan untuk pementasan.

Ekspositori, inquiri, kooperatif learning


Tanya jawab,ceramah, tugas individu, tugas kelompok
-          Guru




-          Tugas siswa

14
Mempersiapkan pementasan ( praktik)
Kooperatif learning

Berlatih berkelompok


Tugas siswa

15
Persiapan pangung pementasan , dan unsure-unsur pelengkap tari  seperti rias,kostum,dekorasi,property dan musik

Praktik
Inquiri, kooperatif learning

Praktik langsung di atas panggung (gladi resik), tugas kelompok
Tugas siswa

16
UAS
Kooperatif lerning

Praktik langsung, Mementaskan hasil pembelajaran secara langsung di atas panggung dengan menggunakan unsur pelengkap tari yang sesuai dengan tarian.
Tugas siswa


Evaluasi:
a.       Kehadiran minimal 85%
b.      Keaktifan dalam diskusi kelas dan kelompok
c.       UTS
d.      UAS
e.        Tugas-tugas:
1.      Kliping macam-macam tarian nusantara beserta asal daerah banten dan aceh dan fungsi pertunjukannya. ( kelompok)
2.      Deskripsi tari daerah banten  dan aceh  terkait dengan gerak, musik, rias dan busana.
3.      Mempertunjukan tarian yang telah dipelajari (kelompok)

















III RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) I

Sekolah                    :  Sekolah Dasar Negeri Sindangraksa
Mata Pelajaran         :  Seni Budaya Dan Keterampilan ( Seni Tari )
Kelas / Semester       : 3 – 5 / 2
Guru                         :  Hafifah S.pd
Alokasi waktu          :  1 x 45 menit
Pertemuan ke           : 1
Standar Kompetensi
 Dengan mempelajari seni budaya dan keterampilan ( seni tari ) diharapkan siswa mampu menarikan sebuah tarian dan mengerti tentang manfaat dan nilai edukasi yang terkandung yang di dapatkan dari sebuah tarian tersebut.
Kompetensi Dasar
Mengerti karya seni ( seni tari )  
Tujuan Pembelajaran :
1.      Siswa memahami nilai yang terkandung dalam seni tari
2.      Siswa dapat memperagakan tarian yang sudah di pelajari
3.      Siswa dapat mengetahui asal tarian yang ada di nusantara
Indikator :
1.      Siswa mampu memahami pelajaran seni tari yang sudah mereka ketahui
2.      Siswa dapat memperagakan tarian nusantara yang sudah mereka peajari
3.      Siswa mengetahui bermacam-macam tarian yang  ada di nusantara
Karakter Siswa yang di harapkan :
·         Pemahaman
·         Kreatif
·         Rasa Suka
·         Percaya diri
Materi :
Pengenalan dan pemahaman macam-macam tarian nusantara
Metode :
Tarian siswa ( pengetahuan siswa tentang gerakan tarian nusantara )
Langkah –langkah Pembelajaran :
a.       Kegiatan awal
·         Perkenalan
Setiap siswa diharuskan maju di depan dan memperkenalkan diri, dan mencoba menarikan bagian-bagian tarian yang pernah di lihatnya dan menceritakan dari daerah mana asal tarian yang siswa tarikan.
b.      Kegiatan inti
·         Guru membahas penjelasan tentang daerah asal dan makna tarian yang terkandug dalam tarian tersebut
·         Guru meminta siswa untuk menjelaskan apa yang mereka dengar dari penjelasan yang sudah di jelaskan dan membuat pertanyaan.
·         Berdiskusi melakukan Tanya jawab tentang gerakan dan macam-macam yang ada di nusantara.
c.       Kegiatan Penutup
·         Membuat kesimpulan tentang pelajaran yang sudah di berikan
·         Memberikan penilaian kepada siswa yang sudah aktif terhadap pembelajaran yang sudah berlangsung.
Alat dan sumber :
·         Pengalaman siswa
Evaluasi dan Tindak Lanjut :
Bentuk evaluasi: evalusi lisan



        RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) II

Sekolah                    :  Sekolah Dasar Negeri Sindangraksa
Mata Pelajaran         :  Seni Budaya Dan Keterampilan ( Seni Tari )
Kelas / Semester       : 3 – 5 / 2
Guru                         :  hafifah S,pd
Alokasi waktu          :  1 x 45 menit
Pertemuan ke           : 3

Standar Kompetensi :
 Dalam pertemua ini siswa diharapkan memahami dan mengapresiasikan karya seni tari rampak yang ada di daerah banten.
Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi karya seni tari rampak bedug
Tujuan Pembelajaran :
1.      Siswa dapat memahami berbagai macam kesenian daerah setempat ( Banten )
2.      Menyebutkan fungsi tari rampak bedug
3.      Menjelaskan unsure- unsur yang terdapat dalam kesenian rampak bedug
Indicator :
1.      Siswa mampu menjelaskan tentang arti kesenian rampak bedug
2.      Siswa mampu menjelaskan unsure yang terdapat dalam tarian rampak bedug
3.      Siswa mengetahui fungsi dari  tarian rampak bedug
Karakter siswa yang di harapkan :
-          Pemhaman
-          Tanggung Jawab
-          Ketelitian
-          Percaya Diri
-          Kesenangan
Materi :
Kesenian rampak bedug dari daerah banten
Media :
Audio Visual
Metode :
a.       Ceramah
b.      Tanya jawab
c.       apresiasi
Langkah- langkah Pembelajaran :
d.      kegitan awal
pengenalan kebudayaan dari banten khusus nya seni tari rampak bedug
e.       Kegiatan inti
·         Guru membahas penjelasan tentang daerah asal dan makna tarian yang terkandug dalam tarian rampak bedug
·         Guru meminta siswa untuk menjelaskan apa yang mereka dengar dari penjelasan yang sudah di jelaskan dan membuat pertanyaan.
·         Berdiskusi melakukan Tanya jawab tentang gerakan tarian rampak bedug .
f.       Kegiatan Penutup
·         Membuat kesimpulan tentang pelajaran yang sudah di berikan
·         Memberikan penilaian kepada siswa yang sudah aktif terhadap pembelajaran yang sudah berlangsung.
Alat dan sumber :
·         Pengalaman siswa
Evaluasi dan Tindak Lanjut :
Bentuk evaluasi: evalusi lisan tentang unsure tari saman
Siswa berlatih secara kelompok dengan materi yang telah di berikan
Merencanakan tindak lanjut dari hasil pertemuan






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) III
Sekolah                    :  Sekolah Dasar Negeri Sindangraksa
Mata Pelajaran         :  Seni Budaya Dan Keterampilan ( Seni Tari )
Kelas / Semester       : 3 – 5 / 2
Guru                         : hafifah S.pd
Alokasi waktu          :  1 x 45 menit
Pertemuan ke           : 9

Standar Kompetensi :
 Setelah mengikuti mata peajaran ini siswa diharapkan mampu memahami dan megaresiasikan seni tari saman
Kompetensi Dasar :
Dalam pertemua ini siswa diharapkan memahami dan mengapresiasikan karya seni tari saman yang ada di daerah ujung Indonesia bagian barat yaitu aceh.
Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi karya seni tari saman
Tujuan Pembelajaran :
4.      Siswa dapat memahami berbagai macam kesenian daerah setempat ( Aceh )
5.      Menyebutkan fungsi tari saman
6.      Menjelaskan unsure- unsur yang terdapat dalam kesenian tari saman
Indicator :
4.      Siswa mampu menjelaskan tentang arti kesenian seni tari saman
5.      Siswa mampu menjelaskan unsure yang terdapat dalam tarian rampak bedug
6.      Siswa mengetahui fungsi dari  tarian saman
Karakter siswa yang di harapkan :
-          Pemhaman
-          Tanggung Jawab
-          Ketelitian
-          Percaya Diri
-          Keaktifan
-          Kesenangan
Materi :
Kesenian tari saman yang berasal dari daerah aceh
Media :
Audio Visual
Metode :
d.      Ceramah
e.       Tanya jawab
f.       apresiasi
Langkah- langkah Pembelajaran :
g.      kegitan awal
pengenalan kebudayaan dari  aceh khusus nya tari saman
h.      Kegiatan inti
·         Guru membahas penjelasan tentang daerah asal dan makna tarian yang terkandug dalam tari saman
·         Guru meminta siswa untuk menjelaskan apa yang mereka dengar dari penjelasan yang sudah di jelaskan dan membuat pertanyaan.
·         Berdiskusi melakukan Tanya jawab tentang gerakan tari saman.
i.        Kegiatan Penutup
·         Membuat kesimpulan tentang pelajaran yang sudah di berikan
·         Memberikan penilaian kepada siswa yang sudah aktif terhadap pembelajaran yang sudah berlangsung.
Alat dan sumber :
·         Pengalaman siswa
Evaluasi dan Tindak Lanjut :
Bentuk evaluasi: evalusi lisan tentang unsure tari saman
Siswa berlatih secara kelompok dengan materi yang telah di berikan
Merencanakan tindak lanjut dari hasil pertemuan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar